Tips Agar Kista Tidak Membesar - Cara Merawat Penyakit Kista

7 Cara atau Tips Agar Kista Tidak Membesar - Gejalakista.net,- Kista merupakan tumor jinak yang menyerang wanita, kebanyakan wanita pengidap kista adalah wanita dewasa yang tidak hamil dan menyusui disebabkan karena kontrasepsi dan pil-KB. Meskipun kista penyakit yang tidak berbahaya bagi keselamatan jiwa, namun dampaknya sangat mengganggu seperti kram, sakit perut, bisa menyebabkan kemandulan dan benjolannya bisa membuat tubuh terlihat tidak cantik. Untuk itu perlu dilakukan beberapa cara agar kista tidak membesar, sukur-sukur kista bisa sembuh dengan sendirinya. Sebab normalnya kista bisa sembuh walau tanpa operasi, asalkan kadar hormon insulin dan zat kimia penyebab kista tidak terus bertumbuk dalam tubuh.

agar kista tidak membesarAgar Kista Tidak Membesar dan Sembuh

Cara-cara agar kista tidak membesar. Ada beberapa cara yang anda bisa lakukan untuk membuat kista tidak membesar diantaranya adalah:

  1. Mengkonsumsi sayuran dan buah- buahan pencegah kista. Seperti pare, brokoli hijau, bayam, wortel, leunca, tomat belimbing, pepaya, jambu biji dan apel malang. Kandungan yang terdapat dalam makanan diatas bisa menurunkan kadar insulin dalam tubuh sekaligus menghambat pertumbuhan sel tumor jinak penyebab kista lebih berkembang, terutama jika kista yang disebabkan karena hasil dari kompilkasi penyakit seperti penyakit ovarium dan kanker payudara.
  2. Jika kista fungsional. Kista yang muncul akibat adanya fungsi tubuh yang terjadi dalam beberapa waktu sekali seperti menstruasi, maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan menjauhi makanan penyebab kista ketika mengalami menstruasi seperti tauge, kangkung, sawi putih, anggur, santan, nanas, cabai, durian. Nangka dan alpukat. Usahakan ketika menstruasi jangan makan makanan ini terutama jika cara menyajikannya di jus dan di tambah es / air dingin. Sebab akan sangat berbahaya. Bisa menyebabkan kista tumbuh menjadi besar.
  3. Minum obat dari tanaman tradisional. Beberapa tanaman obat tradiosional yang mampuh membuat kista tidak membesar adalah mahkota dewa, benalu yang menempel pada teh, dan kunyit putih. meminumnya secara rutin tiap hari dapat membuat kista tidak mampu membesar, sebab pertumbuhan selnya terhambat oleh zat atau kandungan yang terdapat dalam tanaman tadi.
  4. Rutin mengkompres bagian tubuh yang tumbuh kista dengan air panas. Dengan mengkompres bagian tubuh yang terkena kista bisa membuat kista idak bisa membesar, bahkan jika di air yang panas tadi di tambahi dengan obat herbal, niscaya bisa menyebabkan kista sembuh tanpa operasi.
  5. Perbanyak makan makanan yang mengandung GI rendah. Glycemic Indek (GI) yang tinggi dapat membuat sel tumor jinak penyebab kista tumbuh dengan cepat, sebab hal tersebut mempengaruhi terhadap produksi glukosa dalam tubuh. Makanan yang mengandung GI rendah adalah kacang-kacangan dan biji-bijian.
  6. Tidur secara teratur. Kista yang tumbuh bisa membesar, salah satunya adalah dengan waktu tidur yang tidak teratur dan kurang. Kekurangan tidur dapat menyebabkan stress, stress yang parah dapat memicu hormon jahat penyebab kista. Maka tidurla secara teratur jika ingin kista tidak membesar.
  7. Perbanyaklah Membaca dan mendengarkan al-Qur’an sangat baik untuk kesehatan. Makanya tidak heran jika para habib, ulama, ustadz, dan santri sangat sehat. Sebab al-Qur’an tiap hurufnya dapat memacu pertumbuhan hormon antibodi yang berguna untuk imunitas tubuh.