Bahaya Operasi Caesar yang Harus Dipertimbangkan Ibu Hamil

Bahaya Operasi Caesar yang Harus Diketahui Ibu Hamil - Gejalakista.net,- Operasi caesar merupakan operasi yang sangat beresiko. Dengan operasi caesar, ibu hamil memang tidak akan merasakan rasa sakit ketika melahirkan. Tetapi di sisi lain, operasi caesar juga dapat menimbulkan beberapa kondisi yang sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil.

bahaya operasi caesarBahaya Operasi Caesar Yang Harus Diwaspadai

Sebelum kita bahas mengenai bahaya operasi caesar, perlu anda ketahui Operasi caesar sendiri adalah operasi yang biasa digunakan pada ibu hamil yang tidak memungkinan untuk melahirkan secara normal. Untuk melahirkan janin dengan operasi ini, maka dokter akan memberikan sayatan di dinding perut dan di dinding rahim. Selain berbahaya, metode ini juga membutuhkan proses penyembuhan yang cukup lama.

Operasi yang juga disebut dengan nama seksio sesarea ini berkembang sejak abad 19 an. Sementara itu dua puluh tahun terakhir ini, ada banyak ibu hamil yang ingin melahirkan dengan cara operasi caesar. Ini karena mereka umumnya tidak mau menahan rasa sakit ketika melalukan persalinan normal. Bahkan kebanyakan dari mereka telah menentukan hari baik untuk melakukan operasi ini.

Jika Anda merupakan salah satu dari ibu hamil yang ingin melakukan operasi caesar yang masih bisa melahirkan normal, ada baiknya Anda pikir-pikir lagi. Ini karena ada sejumlah resiko yang akan Anda hadapi.

Berikut Adalah Bahaya Operasi Caesar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, operasi caesar terbilang sangat berbahaya. Mereka yang melakukan operasi caesar pun memiliki resiko yang tinggi untuk mengalami kondisi-kondisi berikut.

  • Pecahnya Rahim

Kondisi ini terjadi karena bekas luka yang didapatkan dari operasi caesar mudah robek dan hancur. Jika seorang wanita mengalami kondisi tersebut, maka bayi yang dikandungnya memiliki kemungkinan untuk selamat yang sangat kecil jika dibandingkan bayi yang dilahirkan secara normal.

  • Infeksi

Salah satu bahaya operasi caesar yang mungkin terjadi pada para ibu hamil yang melakukan operasi ini adalah infeksi. Infeksi pun bisa menyerang beberapa bagian seperti dinding rahim, saluran kemih dan luka bekas operasi.

  • Kematian

Operasi caesar memang terbilang sangat berbahaya. Bahkan operasi ini dapat menyebabkan kematian. Meski demikian, kematian saat melakuan operasi caesar sebenarnya jarang terjadi. Dari 100.000 ibu yang melakukan operasi caesar pun, hanya sekitar dua orang saja yang meninggal akibat operasi tersebut.

  • Plasenta Previa

Ini merupakan resiko jangka panjang dimana leher rahim terhalang karena tumbuhnya plasenta di dalam rahim. Selain plasenta previa, ibu hamil yang melakukan operasi caesar juga dapat mengalami placenta percreta, plasenta inkreta dan plasenta akreta. Jika kondisi tersebut terjadi, maka bisa berujung pada pendarahan hebat.

Selain kondisi-kondisi di atas, kondisi lain yang akan Anda alami adalah munculnya luka bekas sayatan. Kondisi ini tidak dapat Anda hindari jika Anda menjalani operasi caesar. Ini karena sayatan akan menimbulkan luka di bagian perut dengan panjang sekitar 10-15 cm. Baru setelah beberapa tahun, luka tersebut pun dapat tersamarkan. Mudah-mudahan informasi bahaya operasi caesar bermanfaat.