Gejala Kanker Endometrium dan Faktor Penyebabnya

Gejala Kanker Endometrium dan Penyebabnya - Gejalakista.net,- Kanker endometrium hanya menyerang wanita. Usia yang berisiko terserang beragam, bisa anak-anak, remaja, dewasa bahkan perempuan yang sudah lanjut usia dan Menopause. Namun kebanyakan penderitanya adalah wanita yang masuk pada post-menopause (Sudah masa menopause). Kanker endometrium sendiri merupakan tumor ganas yang menyerang bagian dalam dari lapisan dinding rahim wanita. Yang lebih mengherankan, kanker endometrium lebih banyak terjadi pada negara maju ketimbang negara berkembang.

gejala kanker endometriumGejala Kanker Endometrium dan Faktor Penyebabnya

Ada beberapa faktor penyebab mengapa wanita bisa terserang kanker endometrium, diantaranya adalah faktor endogen (tidak pernah melahirkan dan obesitas), faktor estrogen (mengkonsumsi hormon estrogen tambahan dan komplikasi dari tumor yang menghasilkan estrogen), faktor obat-obatan seperti obat tamoxifen, dan kontrasepsi pil-KB, merokok, infeksi dari kanker payudara, usus besar dan kanker indung telur dan terakhir  akibat adanya faktor genetik (keturunan).

Berikut adalah gejala kanker endometrium :

Gejala kanker endometrium yang dapat ditimbulkan  80% sangat sulit dideteksi untuk stadium akhir, terutama bagi mereka para wanita karir, sebab gejala yang seharusnya timbul tertutupi oleh efek samping kuatnya obat pereda. Sehingga ketika mereka berhenti mengkonsumsi obat-obatan, gejalanya akan mulai terasa, dan ketika terasa sudah berada di stadium akhir. Namun tidak salahnya memperhatikan ciri-ciri berikut ini yang kami rangkum dari beberapa hasil penelitian universitas terbaik di dunia:

  1. Terjadi pendarahan pada wanita post-menopause. Gejala ini menjadi gejala utama yang terjadi pada penderita kanker endometrium. Oleh sebab itu jika anda mengalami hal tersebut, segeralah untuk menghubungi dokter anda.
  2. Pada wanita pre-manupause gejala pendarahan ini biasanya keluar pada masa menstruasi, namun perbedaannya adalah dari lama masa menstruasi dan kadar atau jumlah darah yang dikeluarkan yang semakin banyak tiap harinya.
  3. Biasanya pendarahan terjadi antara dua periode menstruasi. Faktor ini sangat besar dipengaruhi oleh usia dan post atau pre nya menupause.
  4. Merasa nyero atau kram pada perut, khsusunya pada rahim (perut bagian bawah). Rasa sakit ini akan berngsur- angsur semakin sakit, terutama jika pasien mempunyai beban kerja yang cukup berat.
  5. Adanya kontraksi pada rahim secara tiba-tiba tanpa adanya alasan yang dapat dijelaskan secara ilmiah. Adanya kontraksi ini secara fungsional tubuh adalah karena adanya penumpukan darah yang terperangkap pada dinding rahim bagian dalam (hematometra)
  6. Merasa nyeri di bagian panggul. Rasa nyeri ini akibat dari pertumbuhan sel tumor kanker endometrium
  7. Pada saat hubungan seksual merasa nyeri yang sangat, terutama jika akan mencapai klimaks.
  8. Keluarnya darah yang sangat encer bersamaan dengan darah dari vagina. Hal ini bisa terjadi pada saat anda menstruasi ataupun keluar secara tiba-tiba. Namun kebanyakan kasus yang menimpa para penderita kanker endometrium stadium akhir 4, mereka mengeluarkan darah secara tiba-tiba tanpa ada alasan yang sangat jelas.

Ada beberapa cara untuk mengobati gejala kanker endometrium ini, salah satunya adalah dengan bedah salpingo-oophorecotomy, bedah histerektomi, kemoterapi, terapi radiasi, dan terakhir terapi hormon. Semoga dengan banyak berdo’a kepada Allah S.WT anda bisa sembuh seperti sedia kala. Aamiin.