Gejala Kanker Kulit dan Ciri-ciri Berdasarkan Jenis

Gejala Kanker Kulit Berdasarkan Jenisnya - Gejalaksita.net,- Gejala kanker kulit diawali dengan munculnya bercak, bintil atau bejolan yang tidak beraturan pada permukaan kulit. Beberapa waktu kemudian, benjolan-benjolan di sekitar permukaan kulit pun akan  berubah, baik ukuran maupun bentuknya. Jika hal ini terjadi, maka itu berarti bahwa sel kanker telah menyebar hingga ke lapisan bawah kulit.

gejala kankerkulitGejala Kanker Kulit atau Ciri-ciri Berdasarkan Jenisnya

Jika tidak segera ditangani, maka kanker kulit akan terus berkembang hingga menyerang jaringan dalam kuit dan dermis. Sementara itu ketika mencapai stadium lanjut, maka sel kanker pun akan menyebar hingga ke dekat jaringan otot, tulang dan tulang rawan. Jika sudah seperti ini, maka tinggal menunggu waktu hingga kanker masuk ke dalam darah dan kelenjar getah bening.

Kondisi di atas bisa sangat berbahaya bagi penderita karena kanker dapat menyerang area-area vital seperti paru-paru dan hati. Oleh sebab itulah, Anda harus berhati-hati terhadap kanker ini dan mengenali gejala-gejalanya sedini mungkin.

Berikut adalah Gejala Kanker Kulit :

Umumnya kanker kulit pertama kali tumbuh dan berkembang di area kulit yang sering terekspos sinar matahari. Beberapa area kulit yang rawan terserang penyakit ini adalah kaki, tangan, dada, leher, telinga, bibir, wajah dan kulit kepala.

Meski demikian, pada sejumlah kasus, kanker kulit juga terjadi pada area kulit yang tertutup seperti area kemaluan, telapak tangan dan di bawah kuku jari.

Kanker kulit sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu kanker kulit karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa dan melanoma. Mereka yang terserang salah satu dari 3 jenis kanker kulit tersebut juga akan mengalami gejala-gejala tertentu.

  • Kanker Kulit Karsinoma Sel Basal

Saat seseorang menderita kanker kulit karsinoma sel basal, maka akan timbul gejala kanker kulit berupa benjolan yang menyerupai mutiara di kulitnya. Selain itu, akan timbul pula luka yang berbentuk datar dan berwarna mirip daging.

  • Kanker Kulit Karsinoma Sel Skuamosa

Gejala kanker kulit yang akan dirasakan oleh penderita kanker kulit karsinoma sel skuamosa adalah timbulnya bintil yang keras dan kemerahan serta luka yang berbentuk datar dengan permukaan yang bersisik.

  • Kanker Kulit Melanoma

Bercak besar yang berwarna kecoklatan dan bintik-bintik gelap akan muncul pada kulit penderita kanker kulit melanoma. Selain itu, sejumlah tahi lalat yang mereka miliki juga akan mengeluarkan darah serta mengalami perubahan warna dan ukuran.

Gejala lain yang mungkin akan dialami oleh penderita kanker kulit melanoma adalah munculnya luka kecil dengan pinggiran yang tidak beraturan dan luka berwarna gelap di telapak tangan, telapak kaki ataupun selaput mukus yang melapisi anus dan vagina.

Selain ketiga jenis kanker kulit di atas, terdapat pula beberapa jenis kanker kulit lain yang jarang sekali terjadi, yaitu kanker kulit kaposi sarkoma, karsinoma sel merkel dan karsinoma kelenjar sebaceous.