Gejala Kanker Payudara Stadium 1 dan Penyebabnya

Gejala Kanker Payudara Stadium 1 - GejalaKista.net,- Bagi wanita, kanker payudara bisa dibilang merupakan salah satu kanker yang paling menakutkan. Pada kanker payudara sendiri, sel kanker akan menyerang jaringan payudara seperti lobulus atau pabrik penghasil air susu dan saluran keluar air susu.

Gejala kanker payudara pun dicurigai dapat muncul karena faktor lingkungan, hormonal dan gaya hidup. Meski demikian, orang yang memiliki gaya hidup yang sehat juga masih dapat terserang penyakit ini.

gejala kanker payudara stadium 1Gejala Kanker Payudara Stadium 1 Faktor Resiko Kanker Payudara

Selain faktor-faktor di atas, ada pula faktor lain yang dicurigai mampu meningkatkan risiko terserang penyakit kanker payudara seperti :

  • Telah berusia 50 tahun
  • Memiliki keluarga dekat yang terserang kanker payudara atau kanker ovarium
  • Pernah muncul benjolan jinak di payudara

Kanker payudara sendiri bukan penyakit turunan. Namun gen tertentu seperti BRCA1 dan BRCA2 dapat meningkatkan resiko seseorang terserang kanker ini. Gen tersebut pun dipercaya dapat diturunkan pada generasi penerus.

Gejala Kanker Payudara Stadium 1

Kanker payudara stadium 1 adalah kanker payudara stadium awal dimana kondisi tersebut ditandai dengan benjolan kanker yang terdapat di payudara. Terkadang ukurannya mencapai 2 cm tetapi bisa juga lebih kecil. Benjolan tersebut pun belum menyebar hingga kelenjar getah bening yang terdapat dibagian ketiak.

Beberapa gejala kanker payudara stadium 1 yang akan dirasakan penderita adalah :

  • Benjolan di payudara

Seperti yang disebutkan di atas, benjolan kecil muncul dibagian payudara. Benjolan ini pun merupakan salah satu tanda awal dari munculnya kanker yang menyerang jaringan payudara tersebut. 

Umumnya gejala kanker berupa benjolan di payudara ini tidak sakit dan dapat terasa saat sedang menstruasi.

  • Warna kulit payudara berubah

Terkadang gejala ini disalahartikan sebagai infeksi. Padahal gejala yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika Anda tidak yakin dengan gejala pertama, maka perubahan warna kulit akan terlihat lebih jelas sehingga kita bisa lebih waspada.

Pada tahap ini, kulit payudara akan berubah menjadi kemerahan seperti iritasi. Tekstur kulit pun akan terasa seperti kulit jeruk purut dan permukaan kulit di area payudara yang terserang kanker akan tampak berlekuk-lekuk. Selain itu, terjadi pula penebalan kulit di bagian tersebut.

  • Puting terasa sakit

Gejala kanker payudara lain yang muncul saat stadium 1 adalah terjadinya perubahan di bagian puting yang disertai dengan rasa nyeri. Terkadang puting juga mengeluarkan cairan yang tidak normal.

  • Muncul benjolan pada ketiak

Jaringan payudara akan meluas hingga di bawah ketiak ketika seseorang mengalami kanker payudara stadium 1 sehingga menimbukan gejala seperti timbulnya bejolan pada area tersebut.

Kanker payudara sama mematikannya dengan kanker serviks. Oleh sebab itulah, Anda harus memperhatikan gejala-gejala yang muncul, terutama gejala-gejala yang kami sebutkan di atas.