Gejala Kanker Serviks Tahap Awal Yang Harus Diwaspadai

Gejala Kanker Serviks Tahap Awal - Gejalakista.net,- Serviks atau leher rahim adalah bagian yang menghubungkan vagina dan rahim. Bagi wantia, serviks sendiri merupakan bagian yang sangat penting karena bisa menjadi pintu masuk bagi sperma yang akan membuahi sel telur dan jalan keluar untuk bayi yang akan lahir. 

gejala kanker serviksGejala Kanker Serviks Tahap Awal

Berbicara mengenai serviks atau leher rahim, maka ada salah satu jenis kanker yang harus diwaspadai oleh wanita. Kanker tersebut dikenal dengan nama kanker serviks.

Sama seperti jenis kanker lain, kanker serviks juga terdiri dari beberapa tahapan. Tahapan-tahapan tersebut menggambarkan tingkat perkembangan dan penyebaran dari sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh penderita. Selain itu, semakin tinggi tingkatannya, semakin kecil pula kesempatan para penderita untuk sembuh dan bertahan hidup.

  • Stadium 1

Stadium 1 masih terbilang cukup aman. Kemungkinan sembuh dari kanker serviks stadium 1 pun mencapai 80-99 persen.

  • Stadium 2

Stadium 2 juga tidak terlalu berbahaya. Mereka yang terserang kanker serviks stadium 2 memiliki kesempatan untuk sembuh sekitar 60-90 persen.

  • Stadium 3

Stadium 3 terbilang cukup berbahaya. Anda yang menderita kanker serviks stadium 3 akan cukup sulit untuk sembuh. Kemungkinan untuk sembuhnya pun sekitar 30-50 persen.

  • Stadium 4

Stadium 4 merupakan tingkat yang paling berbahaya. Di tahap ini, kemungkinan untuk sembuh hanya sekitar 20 persen saja.

Sementara itu di tahap awal sendiri, kanker serviks juga dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

Stadium 1A

Pada tahap ini, kanker baru saja tumbuh di dalam serviks. Ukuran sel kankernya pun terbilang sangat kecil dan hanya dapat dilihat melalui mikroskop.

  • Stadium 1A1

Kanker telah menyebar ke bagian jaringan organ leher rahim. Ukuran sel kanker pun telah berkembang di tahap ini dan bisa mencapai 3 – 7 mm.

  • Stadium 1A2

Di stadium 1A2, sel kanker telah muncul di organ jaringan leher rahim. Ukurannya sekitar 3 –5 mm.

Stadium 1B

Tahapan ini merupakan indikasi dari sel kanker yang telah berkembang hingga berukuran lebih besar dari sel kanker pada stadium 1A. Meski demikian, sel kanker masih belum menyebar ke jaringan lain.

  • Stadium 1B1

Pada Stadium 1B1 , sel kanker telah berkembang dan mencapai ukuran 1-3 cm.

  • Stadium 1B2

Di stadium 1B2, ukuran kanker lebih besar dari stadium 1B1, yaitu lebih dari 4 cm.

Gejala Kanker Serviks

Di tahap awal, gejala kanker serviks tampak samar sehingga sering kali diabaikan oleh para penderitanya. Oleh sebab itulah, Anda benar-benar harus mempelajari gejala-gejala kanker serviks berikut.

  • Pendarahaan

Ini merupakan salah satu gejala kanker serviks yang paling umum. Pendarahan akan terjadi di luar siklus menstruasi. Selain itu, darah yang keluar juga akan berupa gumpalan-gumpalan besar.

  • Rasa sakit saat berubungan seks

Umumnya para penderita akan merasakan rasa sakit saat berhubungan seks. Selain itu, pendarahan hebat juga akan terjadi setelahnya.

  • Keputihan

Keputihan yang terjadi dalam waktu lama merupakan gejala kanker serviks. Umunya keputihan tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap.