Kista Cokelat / Endometrium Gejala dan Penyebabnya

Kista Cokelat atau Kista Endometrium - Gejalakista.net,- Kista cokelat atau kista endometrioma merupakan kondisi dimana jaringan endometrium mulai tumbh abnormal di luar rahim. Pertumbuhan abnormal ini biasanya di ovarium, pada salauran tuba falopi, dan area sekitar pinggul. Di dunia akademik istilah ini lebih dikenal dengan istilah endometriosis.

kista cokelatKista Coklat Atau Kista Endometrium

Normalnya pada setiap bulan ovarium wanita memproduksi hormon untuk membantu kesuburan (kehamilan) dan mempersiapkan endometrium siap untuk siap dibuahi. Namun jika setelah matang tidka kunjung dibuahi maka hormon yang sudah berkumpul di endometrium tadi akan di buang pada waktu menstruasi. Namun pada penyakit Kista cokelat atau endometrioma darah ini tidak memiliki saluran untuk membuangnya sehingga hormon dan darah terakumulasi dan menumpuk di endometrium yang akhirnya menyebabkan iritasi dan menimbulkan kista coklat.

Faktor Penyebab Kista cokelat atau endometrioma. Faktor penyebab terjadinya kista yang paling tinggi adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar asam arakodinat (pada daging merah). Tumpukan asam ini akan mempercepat tumbuhnya sel endometiosis, terutama jika penderita tidak melakukan banyak gerak. pada negara maju penderita kanker ini lebih tinggi, sebab kebanyakan dari mereka memiliki waktu duduk yang tinggi dan rutin mengkonsumsi obat-obatan agar tidak mengalami haid.

Berikut Adalah Gejala Kista Cokelat Atau Endometrium

Gejala Kista cokelat atau endometrioma. Ada berbagai variasi ciri –ciri yang dapat timbul, tergantung pada tahap perkembangannya. Semakin besar perkembangannya maka akan semakin khas gejala yang ditimbulkannya. Gejala tersebut diantaranya adalah;

  1. Merasakan nyeri ketika dan atau sehabis melakukan hubungan seksual.
  2. Perut mengalami kram. Kram ini lebih parah ketika wanita mengalami menstruasi. Sebagian dokter berpendat bahwa “sumilangeun” yang sangat sakit bisa menjadi tanda bahwa seorang wanita mengalami kista.
  3. Mengalami sakit ketika buang air besa (BAB). Rasa sakit yang ditimbulkan bukan karena ukuran dan tekstur feses yang menjadi besar dan keras, namun akibat dari tenaga yang dikeluarkan bagi endometrium untuk mengeluarkan feses, ketika bagian ini sakit maka akan menekan sel tumor, sehingga terjadilah rasa sakit.
  4. Terjadinya peningkatan frekuensi buang air kecil. ketika seseorang merasa tegang, takit dan was was, maka frekuensi buang air kecil akan meningkat. Tetapi jika tidak ada perasaan tersebut namun frekuensi tetap meningkat perlu di waspadi. Sebab sel tumor Kista cokelat atau endometrioma akan mempengaruhi kencing terutama pada siang dan sore hari.

Pencegahan dna Pengobatan Kista cokelat atau endometrioma. Ada berbagai cara untuk mencegah agar tidak terserrang penyakit ini, salah satunya adalah rajin mengkonsumsi ikan. Ikan sangat mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Jenis ikan yang disarankan adalah salmon, tuna dan makarel. Kurangi makan daging, sebab dalam daging merah terdapat asam arakidonat yang tinggi penyebab kista. Rajin mengkonsumsi sayur-sayuran, rajin mengompres bagian perut. Mengkonsumsi vitamin B, mengurangi makanan olahan yang terbuat dari susu dan cobalah untuk terus menggerakan perut.