Kista dan Kemadulan Mitos atau Fakta?

Kista dan Kemandulan - GejalaKista.net,- Kista merupakan salah satu penyakit tumor jinak yang menyerang bagian sistem reproduksi wanita. Bentuknya seperti kistik. Benjolan kista berisi cairan kental berupa nanah dan ataupun zat lainnya. Berdasarkan keganasannya, kista di bagi dua, yaitu kista Non-neoplasstik dan Kista neoplastik. Gejala kista biasanya nyeri atau kram di bagian perut yang diakibatkan oleh pecahnya benjolan kista sehingga menggangu sistem peredaran darah.

kista dan kemandulanKista dan Kemandulan Mitos atau Fakta?

Penyakit kista menyerang semua jenis usia wanita, umunya terjadi pada wanita dewasa usia 30 tahunan (ketika ovarium siap untuk di buahi) usia 20 sampai 30 tahun. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kista salah satunya faktor genetik, makanan kurang sehat, zat toksik, riwayat hidup (faktor genetik) dan komplikasi. Bahaya penyakit kista adalah dapat mengalami abortus (kematian janin dalam kandungan) dan atau kemandulan.

Kista yang tidak segera diobati akan menyebabkan kemandulan. Ketika seseorang mengidap kista, maka akan mempengaruhi fungsional bagian tubuh tertentu, khususnya bagian reproduksi. Salah satau dampaknya adalah produksi hormon tidak seimbang, masa siklus menstruasi terganggu, tekanan darah tinggi, diabetes, dan yang paling berbahaya adalah kanker payudara dan rusaknya endometrial sehingga wanita tidak lagi bisa hamil.

Alasan medis secara ilmiah mengapa wanita pengidap kista bisa mandul adalah :

  1. Kista mampu menghambatan kerja ovarium untuk memproduksi sel telur (ovum) dengan baik sehingga sulit untuk dibuahi oleh sel sperma. bisa sulit karena kualitas sel yang jelek ataupun karena proses pembuahan (ovulasi) nya yang terganggu. Adapaun jika proses ovulasi lancar maka kista dapat menyebabkan gangguan lain seperti keguguran dan kematian janin dalam kandungan.
  2. Kista bisa menyebabkan kegagalan ovulasi atau pelepasan telur yang sudah matang sehingga sulit untuk di buahi oleh sel sperma, biasanya sperma di buahi ketika sel telur berjalan di saluran atau folikel yang menuju tuba fallopi. Jika ada kista terutama kistanya kista folikel maka sudah di pastikan akan terjadinya gangguan pada ovulasi. Inilah yang sering mengakibatkan kemandulan
  3. Kista dapat merusak organ reproduksi, terutama jika sering melakukan operasi pengangkatan. Dengan dilakukanya operasi otomatis sayatan sayatan pisau bedah dan jahitan penutup luka bisa merusak bagian sistem reproduksi. Contohnya jika melakukan operasi pada kista folikel, otomatis selama belum sembuh total wanita tidak akan bisa di buahi oleh pria. Sebab salah satu organ reproduksinya rusak sehingga wanita tidak bisa melakukan ovulasi.

Kebanyakan orang menganggap kista dan kemandulan adalah mitos atau tahayul yang di buat oleh masyarakat. Hal ini keliru, sebab jika tidak segera dilakukan pengobatan akan menyebabkan resiko yang lain khsusunya kemandulan. Perlu kita ketahui bahwa “kemandulan tidak ada hubungannya dengan kesuburan wanita.” Jadi persepsi yang mengatakan “wanita tidak hamil karena wanita tidak subur” itu salah besar. Sebab 99% wanita itu subur (sel telurnya baik, siap untuk di buahi) namun karena beberapa organ reproduksinya ada yang rusak akhirnya wanita tidak bisa hamil.