Kista Denoma - Definisi, Gejala dan Penyebabnya

Kista Denoma Ciri-Ciri dan Penyebabnya - Gejalakista.net,- Kista denoma lebih dalam dunia medis dikenal juga dengan sebutan Kistadenoma Ovarii Musinosum. Merupakan salah satu tumor neuplastik berjenis tumor kistik, bersifat jinak yang kemungkinan berasal dari ceratoma. Di indonesia tumor ini banyak diderita oleh kaum perempuan berusia antara 20 sampai 50 tahun. Pada masa pubertas hamipir tidak ditemukan, sebab sistem imun tubuh sangat baik dalam menghasilkan antibodi yang berguna untuk menyerang sel jahat pendahulu tumor. Kista denoma mempunyai bentuk yang bulat, avoid dan tidak beraturan. Warnanya putih kebiru –biruan, kista ini bersipat multiceluller, shingga ketika benjolannya kita belah akan mengeluarkan cairan kental yang berisi mucus. Benjolan ini jika tidak segera diangkat maka akan menyebabkan pasien mengalami kematian disebabkan oleh faktor yang bernama ‘Ileus’.

kista denomaKista Denoma Penyebab dan Gejalanya

Faktor-faktor penyebabnya Kista denoma. Ada empat faktor utama terjadinya pertumbuhan sel tumor Kistadenoma, diantaranya adalah wanita yang tidak pernah hamil bukan karena mandul atau adanya faktor fungsional tubuh, melainkan karena kontrasepsi dan ikut perogram KB yang salah. Faktor keturunan atau genetik, penyakit ini bisa di turunkan, selain itu penyakit ini juga bisa terjadi karena adanya komplikasi dari penyakit kanker ovarium dan panker payudara. Kista denoma sangat erat fungsi dan kerjanya dengan ovarium dan payudara. Sehingga jika salah satu bagian tubuh ini terkena kanker staidum akhir, maka besar kemungkinan bagian kistademoma ovarii akann terinfeksi. Dan faktor terakhir adalah pola hidup yang buruk yang memperngaruhi masa haid dan menopause.

Gejala Atau Ciri-Ciri Kista Denoma

Gejala yang dapat timbul dari penyakit ini adalah adanya dorongan tumor, dorongan terjadi jika sel sudah sangat banyak dan membentuk organ lain (daging jadi), tumor ini akan terasa jika di raba. Bentuknya sangat kenyal dan lembut. Biasanya tumbuh pada bagian bawah perut. Mengalami sesak nafas.rasa sesak nafas yang ditimbulkan akibat dari terhalangnya rongga udara oleh tumor yang semakin membesar. Dan Ciri-ciri Kista denoma yang terakhir adalah perut terasa berat. Hal ini wajar, sebab pada bagian perut terdapat sel tumor Kistadenoma Ovarii Musinosum.

Tidak ada cara khusus yang dapat dilakukan untuk mencegah anda terserang penyakit ini. Cukup perbaiki pola hidup, hindari makanan instan dan junk food serta jika anda merasa pola hidup adan rusak segeralah periksa keodokter, agar bisa mengetahui kondisi anda secara lebih dini. Pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah pemeriksaan klinis genekologik (untuk pemeriksaan apakah ada pembesaran pada ovarium atau tidak), pemeriksaan ultasonogafi (USG) lebih di sarankan menggunakan alat doppler untuk mengecek kondisi aliran darah anda. Pemeriksaan tumor marker (petanda tumor) dan terakhir melakukan pemeriksaan CT-Scan / MRI, agar data yang anda peroleh lebih autentik dan sangat tepat sehingga anda tidak merasa ragu-ragu terhadap hasil tes jika sudah keluar nanti.