Kista Dermoid - Ciri-ciri Atau Gejala Kista Dermoid

Kista Dermoid Definisi dan Ciri-cirinya - Gejalakista.net,- Kista dermoid merupakan tumor jinak yang umumnya merupakan kista bawaan (genetik). Namun tidak menutup kemungkinan seorang anak yang bersih riwayat kesehatannya akan mengalami hal ini. Sel tumor jinak yang tumbuh pada ovarium dermoid hanya akan menyerang satu sisi organ saja. Namun jika pada wanita yang melakukan kegiatan kotor (kenakalan remaja) Kista dermoid yang terjadi di bagian ovarium bisa di temukan pada dua sisi. Kista ini dapat dilihat meskipun ketika bayi.

kista dermoidKista Demoid Kenali dan Waspadai

Selain di ovarium Kista dermoid juga dapat tumbuh pada bagian wajah, otak dan sumsum tulang belakang.  Pada ovarium, ukurannya sangat beragam mulai yangukuran 1 inchi sampai sebesar kepalan tangan. Terdapat tiga lapisan tubuh yang dapat terserang penyakit Kista dermoid yaitu lapisan ektoderm seperti kelenjar keringat, kelenjar apokrin, kelenjar sebasea. Pada lapisan mesoderm contohnya pada gigi, rambut, kuku, kartilago dan paada trake,  dan yang ketiga adalah pada lapisan endoderm yaitu Kista dermoid bisa ditemui pada membran mukosa saluran pernafasan. Namun persentasi kejadian kista di luar ovarium sangat rendah, hanya mencapai 20% dari seluruh populasi yang ada di dunia.

 Faktor penyebab Kista dermoid sebagian besar adalah faktor keturunan (genetik). Selain itu dampak lain adalah komplikasi dari penyakit lait, sepeti kanker kulit, kanker ovarium, dan alergi terhadapat obat- obatan makanan. Pada sebagian kasus yang menyerang pasien anemia hemolitik, banyak penderitanya ditemui mengidap Kista dermoid. Dokter belum bisa membuat fakta atau teori, namun sejauh ini hipotesa telah dikeluarkan bahwa anemia menjadi salahsatu faktor penyebab seorang wanita yang berusia antara 20 sampai 35 tahun terserang penyakit Kista dermoid.

Ciri-ciri Atau Gejala Kista Dermoid

Ciri-Ciri penderita Kista dermoid. Para pasien penderita penyakit ini mereka banyak mengatakan sebelum datang kerumah sakit, merka mengalami Nyeri pada bagian perut, rasa yang ditimbulkan berbeda dengan sembelit, diare atau karena maag. Namun rasa yang ditimbulkan seperti ada benjolan, mereka merasa tidak nyaman jika tidur tengkurap. Gejala kedua adalah kesultan buang air kecil, kesulitan ini terjadi karena saluran untuk mengeluarkan urine terhambat oleh benjolan dari sel tumor Kista dermoid. Gejala terakhir adalah darah yang keluar sewaktu haid sangat banyak dan nyeri di bagian punggung berdekatan dengan tulang pinggul.

Pencegahan dan pengobatan. Untuk mencegah anda mengalami Kista dermoid ada baiknya dari sekarang menjaga pola makan, makanan yang mengandung minyak sangat beresiko tinggi, selain itu obat-obatan dari kecantikan dan pil kontrasepsi sangat berpengaruh. Berhentilah melakukan aktivitas yang mempunyai beban kerja sangat berat.

Untuk pengobatan sebaiknya anda melakukan cara - cara yang alami, sebab jika berkonsultasi dengan dokter maka anda akan disarankan untuk melakukan laparskopi atau laparotomi, efek samping yang bisa diakibatkan adalah terjadinya tumor spill dengan pritonitis 0,2% yang nantinya akan terjadi perlengketan dan berisiko sel tumor Kista dermoid akan bangkit lagi dengan rekurensi keganasan mencapai 4%.