Kista Korpus Luteum - Definisi, Ciri-ciri dan Pengobatannya

Kista Korpus Luteum Defisni dan Ciri-cirinya - Gejalakista.net,- Kista korpus luteum merupakan penyakit yang menyerang sebuah kelenjar siklik pada bagian ovarium. Kanker ini hanya menyerang kaum pria dengan usia matang (siap untuk hamil). Tumor liar jinak yang nantinya akan menjadi kista alah hasil proses dari graafova bubble, yaitu ketika ovulasi mengalami fase istirahat. Funsional dari korupus luteum adalah untuk memproduksi progesteron namu, nakrena adanya kanke ini maka akan menghambat produksi, bahkan pada sebagian kasus kelenjar yang dihasilkan bisa dikeluarkan melalui vagina dengan warna yang khas. Kista korpus luteum juga bisa merupakan komplikasi dari kista lainya yang tidak segera di atasi / angkat. Kista korpus luteum juga bisa terjadi pada saat ibu hamil muda.

kista korpus lutrum

Kista Korpus Luteum

Faktor penyebab terjadinya Kista korpus luteum sejauh ini merupakan faktor dari komplikasi kista lainnya yang terjadi di ovarium. Kebanyakan kasus  disebabkan oleh pecahnya shell folikular yang terjadi dengan frekuensi kecil karena diamater salurannya juga kecil. cepat atau lambatnya pertumbuhan sell tergantuntung dari arteri sistem peredaran darah, semakin besar maka akan semakin cepat terinfeksi. Faktor lain penyebab kista ini adalah adanya virus IVF yang biasa ada dalam kasus freesex dan efek samping penggunaan alat kontrasepsi. Pada negara berkembang Kista korpus luteum banyak diderita oleh pola diet yang salah dan melakukan aborsi, kedua hal ini sangat memperngaruhi terhadap ketidakseimbangan hormon tubuh sehingga mempermudah korpus luteum terserang tumor.

Gejala Atau Ciri-Ciri Kista Korpus Luteum

Ciri-Ciri Seseorang terserang Kista korpus luteum. Gejala yang dapat dilihat sangatlah mudah, namun hal ini tidak cepat disadari oleh para wanita sebab, pertumbuhan Kista korpus luteum sangat lama sehingga gejala yang timbul hanya seskali dalam beberapa minggu. Berikut gejala yang dapat diamati:

  1. Merasa terus kenyang.
  2. Perut merasa sakit terutama pada perut bawah dekat selangkangan. Namun ada juga pasien yang mengalami disebelah kanan. Rasa sakit akan terasa terutama jika sudah melakukan perubahan posisi duduk secara mendadak, jalan cepat dan hubungan seksual.
  3. Mesntruasi menjadi terlambat. Telatnya haid bahkan bisa sampai dua Gejala ini biasanya bertepatan dengan waktu /fase ovulasi normal. Yaitu pada hari ke 14 masa normal haid.

Pencegahan dan pengobatan yang dapat dilakukan. Kista korpus luteum merupakan tumor jinak, jika pola hidup sehat maka akan hilang sendiri pada hitungan 60 hari. Namun dinegara berkembang biasanya Kista korpus luteum ini sulit sembuh, sebab lingkungan tempat tinggal tidak mendukung, oleh sebab itu agar tidak menggangu kesehatan harus dilakukan pengobatan. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah operasi pengangkatan dan obat tradisional, sebelum anda melakukan operasi secara medik alangkah baiknya melakukan dulu cara- cara alami, sebab jika efek samping dari obat- obatan kimia lebih berbahaya dari Kista korpus luteum seperti akan terbentuknya hiperstimulasi abnormal yang akan menyebabkan infertilitas pada ovarium. Jiika hal ini berlanjut dalam kurun waktu menahun, maka akan menyebabkan perubahan jaringan ovarium dan pendarahan.