Kista Payudara - Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Kista Payudara Gejala dan Pengobatannya - Gejalakista.net,- Kista Payudara adalah tumor jinak yang menyerang rongga kantung payudara pada saat kantung ini terisi cairan sehingga Kista Payudara akan menyebabkan benjolan di area payudara. Seperti kita ketahui payudara dikelilingi oleh jaringan fibrosa dan jaringan lemak, payudara pula merupakan tempat untuk memproduksi air susu yang akan di salurkan melalui puting. Dengan adanya kista maka kelenjar tersebut terganggu sehingga akan mengganggu produksi ASI, ini akan sangat berbahaya jika terjadi pada ibu yang menyusui.

kista payudaraKista Payudara - Gejala dan Pengobatannya

Kista Payudara menyerang berbagai usia wanita. Lebih banyak terjadi pada perempuan yang dalam masa keadaan subur atau usia di bawah 40 tahun (belum mengalami menopause). Namun wanita yang sudah menopause namun rajin melakukan terapi HRT (Hormone replacement Therapi) akan sangat berisiko terserang penyakit ini.

Faktor penyebab terjadinya kista payudara adalah tertumpuknya hormon yang seharusnya di rubah menjadi asi. Maka tidak heran jika sebagian besar penderita adalah mereka yang berusia 30 tahunan namun belum pernah menyusui. Kista ini banyak dialami oleh mereka para wanita karir yang meminum obat-obatan kontrasepsi. Persentasi tkejadian banyak di negara maju ketimbang di negara berkembang.

Berikut adalah Ciri-ciri atau Gejala Kista Payudara

Ciri-ciri kista payudara biasanya terdapat benjolan. Benjolan ini terasa lunak, namun jika sudah lama akan mengeras. Benjolan ini ukurannya beragam ada yang berukuran milimeter bahkan sampai ada yang centimeter. Ketika disentuh tidak akan menimbulkan rasa saki sehingga gejala ini tidak membuat wanita menyadarinya. Namun ketika akan menjelang menstruasi benjolan ini bisa terasa sakit dan kadan membesar. Terutama ketika pada masa ‘sumilangeun’

Pencegahan dan Pengobatan. Tidak ada cara khusus agar terhindar dari penyakit ini, cukup dengan tidak mengkonsumsi obat-obatan kontrasepsi, sehingga anda bisa menyusui. Ada kesalahan pada tren ibu masa kini, mereka enggan untuk memberikan ASI nya, padahal selain bagus untuk kesehatan bayi,  dengan mengeluarkan ASI bisa membuat wanita aman dari penyakit tumor jinak Kista Payudara.

Pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan meminum obat yang diresepkan dokter ataupun dengan obat alami. Namun admin sarankan untuk mengkonsumsi obat alami, sebab obat generik yang diberikan dokter mengandung efek samping yang bahayanya bisa melebihi dari Kista Payudara. Jika kista sudah menimbulkan benjolan, maka segeralah untuk melakukan pengangkatan cairan. Cairanyang dikeluarkan biasanya berwarna cerah dan gelap.

Biasanya kista akan menghilang setelah dikeluarkan cairan yang terdapat pada kantung kelenjar payudara. Jika cairan ini tidak segera dihilangkan bisa menyebabkan terinfeksinya jaringan yang lain. Lebih parah dari itu jika pada saat menyusui terjadi Kista Payudara maka cairan ini akan keluar bersama ASI, sehingga akan sangat berbahaya jika sampai tercampur dengan ASI dan di konsumsi oleh bayi anda. Jika ASI anda tidak dikonsumsi bayi, maka cairan ini bisa menyebabkan bagian tubuh payudara anda menjadi busuk. Untuk itu segeralah lakukan pengobatan semaksimal mungkin.