Makanan Penyebab Kista Yang Harus Dihindari

Makanan Penyebab Kista Yang Harus Dikurangi atau Dihindari - Gejalakista.net,- Kista dapat di picu oleh berbagai faktor, bisa karena faktor genetik (keturunan), zat kimia yang menumpuk dalam tubuh, infeksi atau komplikasi dari penyakit lain, obat obatan generik, polusi, pengaruh polah hidup yang tidak sehat dan makanan sehari-hari yang biasanya dianggap makanan sehat. Seperti sayuran, buah-buahan, seafood dan daging unggas (ayam broiler, bebek broiler dll).

makanan penyebab kistaMakanan Penyebab Kista Yang Harus Dihindari

Berikut makanan yang dapat menyebabkan kista namun tidak banyak disadari dan diketahui oleh banyak orang, diantaranya adalah:

  1. Sayur-sayuran tertentu. Tidak semua sayuran dapat menjadi penyebab kista, bahkan ada berbagai sayuran yang menjadi obat kista seperti tomat, selada, dan brukuli hijau. Sayuran yang dapat membuat kista adalah sawit putih, kangkung, santan, cabai, dan tauge. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tauge bisa meningkatkan kadar insulin pemicu kista, cabai merangsang saraf menurunkan jumlah oksigen dan sawi putih dapat membuat efektifitas obat menjadi terhambat. Oleh sebab itu dokter biasanya menyarankan untuk tidak memakanan jenis sayuran ini.
  2. Buah-buahan tertentu. Jenis buah-buahan yang sangat dilarang bagi penderita kista adalah durian, nangka, lengkeng, , nanas, alpukat, duku dan anggur. Alasan Buah- buahan tersebut menjadi pantangan buat penderita kista adalah kerena mengandung kadar alkohol dan zat lain yang dapat memicu sel tumor jinak pada tubuh.
  3. Minuman dan makanan yang mengandung alkohol. Seperti yang kita ketahui, alkholo sangat baik dalam memicu pertumbuhan sel tumor kista. Makanya jangan heran jika angka penderita penyakis kista lebih banyak pada negara barat ketimbang nega timur (arab) yang melarang beredarnya miras secara luas.
  4. Makanan yang mengandung pengawet. Makanan lain yang dapat menjadi penyebab kista adalah semua makanan yang mengandung pengawet seperti kue, makanan ringan, makanan dalam kemasan lainnya, terutamajika makanan tersebut mengandung kadar pengawet yang tinggi.
  5. Makana yang banyak mengandung soda.
  6. Minuman yang terlalu dingin.
  7. Makanan soft drink
  8. Daging-dagingan. Jika mengkonsumsi daging berlebihan akan menyebabkan kista, terutama jika daging tersebut mengandung kolestrol yang tinggi, kolesterol menjadi salah satu penyebab kista dalam tubuh manusia. jangan heran jika wanita yang hobi memakan makanan berkoleterol rentan terserang penyakit kista.
  9. Seafood yang berkolesterol tinggi. Jenis makanan ini diantaranya adalah udang, cumi, kerang, dan kepiting. Makanan ini kolesterolnya tinggi sehingga mampu merangsang pertumbuhan sel tumor abnormal penyebab kista. selain itu makanan ini juga dapat menyebabkan terhambatnya sistem peredaran darah.
  10. Daging Unggas. Hormon dan zat kimia yang disuntikan atau pun dicampurkan kedalam makanan unggas bisa sangat memcu pertumbuhan sel tumor jinak penyebab kista bahkan lebih parahnya bisa menyebabkan kanker. Hormon yang disuntikan pada ternak adalah hormon yang sangat mirip dengan hormon anabolic pada manusia, hormon ini menjadi pemicu pertumbuhan sel kanker kelenjar, sel kanker prostat. Sehingga tidak dianjurkan bagi penderita kista.