Penyebab Penyakit Kista Secara Ilmiah

Penyebab Penyakit Kista Harus anda Ketahui - Gejalakista.net,- Kista merupakan tumor jinak yang terjadi pada bagian tubuh manusia khsusunya pada perempuan. Kista sering ditemui ketimbang kanker. Sel tumor yang tumbuh besar biasanya berisi cairan yang kental seperti minyak, namun ada juga yang berupa cairan seperti nanah. Meskipun pada umumnya kista ini jinak, namun jika jenisnya neoplas maka harus segra di operasi sebab tidak akan bisa sembuh meskipun sudah dilakukan operasi. Diantara jenis kista adalah kista ovarium, folukuler, korupus lutem, demoid, denoma, kista payudara dan kista coklat atau endometrioma.

penyebab penyakit kistaPenyebab Penyakit Kista

Penyebab penyakit kista yang paling bayak dijumpai adalah bertumpuknya toksik dalam tubuh dalam jumlah besar sehingga mengendap dan mengakibatkan terjadinya gangguan hormonal dalam tubuh. Meskipun kista sudah pernah sembuh namun dengan adanya ketidak seimbangan hormonal menyebabkan kista bisa tumbuh kembali.

  1. Penyebab penyakit kista yang pertama adalah adanya Sel kanker masih aktif. Ketika melakukan operasi pengangkatan kista pada pertama kalinya, biasanya dokter akan melakukan pengamatan dan pemantuan untuk memeriksa apakah ada perkembangan sel tumor dari permukaan jaringan awal tumor. Pemeriksaan ini dinamakan dengan pemeriksaan kadar CA 125. Jika selepas operasi ada kanker yang masih aktif maka akan dilakukan pengangkatan kembali, sebab biasanya sel jahat ini tidak bisa langsung mati terutama bagi penderita yang memiliki kadar toksik dalam tubuh yang sangat tinggi.
  2. Penyebab penyakit kista yang kedua adala Toksik dalam Tubuh yang sangat tinggi. Toksik pada dasarnya adalah pupuk dan merupakan protein bagi tumor kista. Semakin banyak toksis maka akan semakin beresiko terjadinya kista.jenis toksik adalah MSG, Zat kimia (biasnaya dari obat-obatan, vitamin, antibodi, dan imun), radikal bebas, pengawet makanan, penyedap rasa, pengawet makanan, sabun pembersih makanan, dan zat lain yang berbahaya bagi tubuh.
  3. Penyebab penyakit kista yang ketiga adalah Tidak seimbangnya sistem hormonal tubuh. Kista biasnya terjadi pada jaringan indung telur sebagai hasil lanjutan dari ovulasi. Perkembangan ini dipengaruhi oleh keseimbangan hormonal, semakin tidak seimbang maka akan semakin besar resiko terjadinya kista. Salah satu penyebab terjadinya ketidak seimbangan adalah Stress, kelelahan, prustasi, galau dan rasa sakit. Rasa di atas akan menyebabkan hypotalamus akan menginstruksikan untuk menghasilkan CRF (protein) lebih banyak, dari CRF akan mempengaruhi kerja sistem Pituitari yang menghasilkan protein ACTH dan menyebabkan hormon adrenal memproduksi lebih banyak sehingga cortisol juga banyak. selanjutnya Ovarium dengan yang dihasolkannya yaituestrogen dan profesterone juga akan banyak, dan yang terakhir thyroid dengan energi T3 dan T4 juga akan semakin banyak, jika semuanya memproduksi banyak maka terjadinya kista akan lebih pasti.
  4. Dan yang terakhir, Penyebab penyakit kista yang keemat adalah Riwayat kesehatan. Seseorang yang mempunyai riwayat keturunan sebagai penderita kista maka lebih tinggi beresiko mengalami penyakit kista, terutama bagi para wanita yang mempunyai pola hidup tidak sehat, seperti suka minuman beralkohol, freeseks, sering mengkonsumsi obat2an.

Beberapa pantangan yang harus di lakukan agar terhindar dari penyakit kista adalah mengindari makan jeroan, daging merah, kerbau, kambing dan fastfood. Mekanan yang banyak mengandung vetsin, seafood, ayam broiler, dan makanan yang di awetkan, selain itu sayuran seperti tauge, sawi putih, kangkung dan cabe dalam konsumsi yang berlebihan juga harus dihentikan, terutama jika setelah makan ini anda juga memakan buah lengkeng, nangka, durian nanas dan anggur.